monicarasmona.my.id

Daftar Google News di Ponsel

Daftar Google News di ponsel

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Pembaca Ulasan Monica. Salam sehat untuk semua, ya. Kita belajar lagi, yuk. Sebelumnya kan sudah belajar tentang Google Analytics dan Google Search Console. Sekarang kita belajar tentang daftar Google News di ponsel.

Di GSC sebetulnya kita bisa memasukkan link artikel yang baru di-publish agar segera  terindeks Google. Namun, yang namanya juga suka-suka  Mbah Google, kita nggak tahu dengan pasti kapan artikel tersebut akan muncul di mesin pencari.

Sebagai blogger pemula tentunya saya butuh referensi yang bahasanya sederhana sehingga mudah dicerna. Untuk hal-hal yang membingungkan yang berhubungan dengan, Blogspedia menjadi tempat pertama yang dituju untuk mendapat jawaban.

Di Blogspedia banyak ilmu yang dipaparkan dengan simple, mulai dari pengetahuan tentang blogging hingga tutorial. Buat kalian yang baru menapaki dunia blogging, jangan lupa mampir ke Blogspedia, ya.

1. Suka Duka Blogging via Ponsel

Sejak mulai bertekad menjadi blogger di tahun 2021, saya ngeblog menggunakan ponsel. Tentu ada suka duka yang menyertai. Namun, saya cukup menikmatinya dan telah terbiasa dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Seperti semua hal yang mempunyai dua sisi, positif dan negatif. Blogging di ponsel pun memberikan keduanya pada saya.

1.1 Kelebihan

  • Ringkas. Kita bisa kapan pun dan di mana pun blogging. Tidak seperti laptop yang berat dibawa ke mana-mana.
  • Mudah menyelamatkan ide. Saat ada ide yang melintas, menulis di ponsel menjadi sangat efektif bila dibanding dengan harus membuka laptop dahulu.

1.2 Kekurangan

  • Susah tempel kode HTML. Kode-kode yang banyak dan tidak adanya mouse mengakibatkan proses copy-paste sangat ribet dan rentan terjadi kesalahan.
  • Tampilan tidak maksimal. Ada beberapa tools yang tidak terlalu terpengaruh dengan sempitnya layar, seperti Google Search Console. Namun, ada pula tools yang sangat tidak direkomendasikan untuk dibuka di ponsel, seperti Google Analytics dan Google News.

2. Daftar Google News di Ponsel, Gimana Caranya?

Dari Blogspedia, saya tahu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar Google News, yaitu logo blog dalam file PNG dengan bentuk Square/ kotak, ukuran 512×512. Selain itu juga gambar yang sama tapi ukurannya 200×200.

Kita pun harus masuk ke Google Analytics, buka bagian admin pilih property dan info pelacakan. Setelah itu, copy info tersebut dan paste di notes. Setelah menyiapkan dua hal di atas, kita siap untuk mendaftar di Google News.

Tahapan Daftar Google News di Ponsel

Sebenarnya tahapan mendaftar di Google News itu tidak terlalu panjang, tetapi sama halnya Google Analytics, tampilan Google News ini tidak terlalu mobile friendly. Sudah digeser ke sana kemari tetap tidak bisa memunculkan tampilan dengan sempurna.

Meskipun, kurang nyaman di mata. Namun, dengan kejelian dan kesabaran, kita tetap bisa mendaftar Google News dalam waktu yang relatif singkat.

  • Masuk ke Google News, lalu buat akun.
  • Email yang didaftarkan Google News harus sama dengan email untuk Google Search Console.
  • Pilih "tambahkan publikasi", lalu isi "URL Publikasi Anda" dengan URL blog, "Nama Publikasi' isi dengan nama blog, dan untuk lokasi pilih negara kita. Jangan lupa centang checkbox. Lalu klik "Tambahkan Publikasi".
Tambahkan Publikasi di Google News
  • Kemudian akan muncul tampilan seperti ini. Saya sudah mengeklik beberapa kali, tetapi tidak ada yang terjadi. Saya memutuskan untuk skip bagian ini.
Verifikasi kepemilikan di Google News
  • Nanti kita akan dibawa ke halaman seperti ini. Klik di bagian Google News. Karena setting bahasa akun saya Bahasa Indonesia jadi cari yang tulisannya Google Berita. Ada tiga tab yang harus disempurnakan setelannya; "Umum", "Setelan Konten" dan "Tinjau & Publikasikan".
Umum, Setelan Konten, Tinjau & Publikasikan di Google News
  • Pada bagian "Umum", isi "Info Dasar" dengan kategori blog yang paling mendekati. Kemudian pilih distribusinya apakah seluruh dunia, izinkan negara tertentu, atau blokir negara tertentu. Di tutorial Blogspedia disebutkan bahwa kode pelacakan yang sebelumnya kita copy dari GA ditempelkan di bagian Tracking. Namun, sudah saya cari-cari tulisan Tracking ini tidak saya temukan.
  • Kalau sudah klik "simpan dan selanjutnya". Saatnya beralih ke tab "Pengaturan Konten". Pada bagian ini muncul "Rubrik". Klik "Feed", lalu isilah bagian "Judul Rubrik" dengan nama blog. Di bagian RSS, isilah dengan ini:
https://poiljasa.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss. (Masih bersubdomain di Blogspot)
https://polijasa.com/feeds/posts/default?alt=rss. (Sudah .com). 
Kode diatas tinggal disesuaikan dengan url blog kita. Kemudian untuk Akses Lihat pilih siapa saja. Terakhir klik Tambahkan.

Tambahkan feed di rubrik Google News
  • Pada tab yang terakhir, "Tinjau & Publikasikan", kita akan diperlihatkan bagian mana saja dalam Google Berita yang baru kita buat  yang harus diperbaiki. Perbaiki semua yang masih ada tulisan "Tinjau' hingga semua setelan sudah dianggap benar oleh Google.
  • Caranya cukup klik tulisan ‘tinjau’, nanti akan diarahkan ke bagian-bagian yang masih harus diperbaiki. Punya saya ada sekitar lima bagian yang belum sempurna, diantaranya logo profil yang belum terisi, bahasa yang digunakan, dan alamat email.
  • Bagian yang membutuhkan waktu paling lama untuk diperbaiki adalah bagian "sektor". Butuh beberapa kali me-refresh hingga artikel dari blog kita muncul. Setelah semua benar akan muncul tampilan seperti ini.
Publikasikan aplikasi Google News
  • Terakhir, tampilan inilah yang muncul. Google News menampilkan tulisan "sedang ditinjau". Masih butuh beberapa saat bagi Google untuk melakukan peninjauan. Yang bisa kita lakukan saat ini hanya menunggu hingga akhirnya Publikasi kita sudah tertera “Live”, yang artinya bagian tersebut sudah siap membagikan artikel-artikel setiap kali diterbitkan di blog. Dan pada akhirnya artikel kita bisa terindeks dengan lebih cepat.
Google News sedang ditinjau

3. Penutup

Alhamdulillah, sekali lagi dalam segala keterbatasan, saya bisa terus belajar blogging yang identik dengan laptop tanpa laptop. Ponsel kentang ini menemani saya berkembang di dunia literasi tiga tahun belakangan.
Setelah memasang Google Analytics dan Google Search Console, saya berhasil daftar Google News di ponsel. Tentunya bahagia luar biasa karena bisa menaklukan tantangan yang ada.

Related Posts

1 comment

Post a Comment