monicarasmona.my.id

Pemandian Cipanas Garut Murah yang Sayang untuk Dilewatkan

Pemandian Cipanas Garut Murah


Bulan Juli segera datang dan anak-anak kebanyakan sudah menerima raport. Itu artinya liburan panjang menjelang. Buat emak-emak kece yang masih bingung mau jalan ke mana, nih saya kasih rekomendasi pemandian Cipanas Garut murah yang sayang dilewatkan.

Sebelum membahas pemandian mana saja yang direkomendasikan, saya akan sedikit memberikan gambaran tentang kondisi geografis Garut yang menyebabkan maraknya wisata pemandian air hangat di kota ini.

Mengenal Lebih Dekat Kota Garut

Kabupaten Garut terletak di Provinsi Jawa Barat bagian Tenggara pada koordinat 6º56'49 – 7 º45'00 Lintang Selatan dan 107º25'8 – 108º7'30 Bujur Timur. Kabupaten Garut memiliki luas wilayah administratif sebesar 306.519 Ha (3.065,19 km²).

Sebagian besar wilayah kabupaten ini adalah pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Di antara gunung-gunung di Garut adalah: Gunung Papandayan (2.262 m) dan Gunung Guntur (2.249 m), keduanya terletak di perbatasan dengan Kabupaten Bandung, serta Gunung Cikuray (2.821 m) di selatan kota Garut.

Kabupaten Garut yang secara geografis berdekatan dengan Kota Bandung sebagai ibu kota provinsi Jawa Barat, merupakan daerah penyangga dan hinterland bagi pengembangan wilayah Bandung Raya. 

Karena itu, Kabupaten Garut mempunyai kedudukan strategis dalam memasok kebutuhan warga Kota dan Kabupaten Bandung, sekaligus berperan di dalam pengendalian keseimbangan lingkungan.

Banyaknya pegunungan membuat Garut menjadi kota  yang kaya akan tempat wisata air panas. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan Bandung menjadikan Kota Dodol itu kerap dikunjungi saat musim liburan tiba.

Related:

Nita, sang Penangkap dan Penebar Inspirasi lewat Tulisan

The Big Why on Blogging dan Manajemen Waktunya

Tempat Wisata Murah di Garut
detik.com/jabar

Pengertian Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas atau sumber air panas adalah mata air yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. Air yang keluar suhunya di atas 37°C suhu tubuh manusia, namun sebagian mata air panas mengeluarkan air bersuhu hingga di atas titik didih.

Di seluruh dunia terdapat mata air panas yang tidak terhitung jumlahnya, termasuk di dasar laut dan samudra. Air panas lebih dapat mengencerkan padatan mineral, sehingga air dari mata air panas mengandung kadar mineral tinggi, seperti kalsium, litium, atau radium.

Mandi berendam di dalam air panas bermineral, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berdasarkan alasan tersebut, orang membangun pemandian air panas dan spa untuk tujuan rekreasi dan pengobatan.

Sumber air panas memiliki dua sumber panas, magma yang berada di dasar gunung berapi, dan panas yang bukan dari gunung berapi. Jenis mineral yang dikandung air menyebabkan perbedaan warna air, bau, dan khasiat mandi dengan air panas tersebut. Air panas bisa keluar secara alami dari dalam tanah, atau keluar setelah dibor manusia.

Di kawasan gunung berapi, air dipanaskan oleh magma hingga menjadi sangat panas. Air menjadi terlalu panas hingga membentuk tekanan uap, dan menyembur ke permukaan bumi sebagai geyser.

Bila air hanya mencapai permukaan bumi dalam bentuk uap, maka disebut fumarol. Bila air tercampur dengan lumpur dan tanah liat, maka disebut kubangan lumpur panas.

Rekomendasi Pemandian Cipanas Garut Murah, Kepoin Yuk!

Kabupaten Garut menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Jawa Barat. Terbentangnya Kabupaten Garut dari Garut Utara sampai dengan Garut Selatan juga memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kondisi topografi yang berada di ketinggian terendah 0 mdpl di sepanjang pesisir pantai Garut Selatan sampai dengan ketinggian 2821 mdpl di puncak gunung Cikuray, menawarkan berbagai jenis wisata terbaik di Garut seperti: Wisata Petualangan, Wisata Alam, Wisata Budaya, Wisata Sejarah, Wiasta Olahraga, dan Wisata Kuliner.

Jenis-jenis wisata yang ada di Kabupaten Garut tersebut tersebar di beberapa objek wisata. Adapun objek wisata di Garut yang bisa dijelajahi salah satunya adalah Cipanas.

Cipanas merupakan kawasan objek wisata yang menawarkan berbagai keseruan di kolam pemandian air panas. Mulai dari kolam renang, kamar berendam, waterboom, tempat makan, hingga penginapan.

Berikut nama-nama pemandian air panas murah yang bisa kamu masukan ke bucket list liburanmu:




Pemandangan Gunung Guntur dari Kawasan Pemandian Air Panas Cipanas, Garut


Related:

Hujan Bulan Juni, Sebuah Karya dalam Lima Wahana

Sosok Pembaca Setia Ulasan Monica by Monica Rasmona

Antralina

Kolam air panas di kawasan Cipanas Garut dengan harga masuk murah berikutnya adalah Antralina. Tempat ini selalu dipenuhi pengunjung, apalagi saat hari libur.

Antralina menyediakan dua kolam renang, satu untuk dewasa, satu untuk anak-anak. Kedalaman kolam rerang dewasa adalah 1-2 meter, sedang kolam renang anak-anak 0,5 meter.

Harga masuk kolam pemandian Antralina adalah sebagia berikut:

  • Dewasa: Rp.15.000/orang saat weekday, Rp. 20.000/orang saat weekend
  • Anak: Rp. 10.000/orang saat weekday Rp.15.000/orang saat weekend

Cipanas Indah

Kolam pemandian yang terletak di Jl. Raya Cipanas No.151, Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini tidak terlalu ramai. Sehingga cocok bagi keluarga yang suka suasana agak tenang.

Harga masuk kolam pemandian Cipanas Indah adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp. 15.000 saat weekday dan Rp 20.000 saat weekend /orang
  • Anak: Rp. 10.000 saat weekday dan Rp 15.000 weekend/orang

Aquarius

Aquarius berlokasi Jl. Raya Cipanas No.122, Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151.

Harga masuk kolam pemandian ini adalah 15.000 per orang saat weekday. Sedang saat weekend kita cukup merogoh kantong Rp. 20.000 saja per orang.

Lembur Kuring

Kolam air panas Lembur Kuring ini merupakan tempat langganan untuk praktik renang sewaktu saya masih sekolah dasar. Ini tentunya dikarenakan harga masuknya yang terbilang murah.

Lembur Kuring atau biasa disingkat LK ini terletak di Jalan Raya Cipanas No.16 Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut - Jawa Barat. Disarankan untuk bertanya pada orang sekitar di mana persisnya letak LK karena lokasinya agak tersembunyi.

Harga masuk kolam pemandian Lembur Kuring adalah sebagai berikut:

  • Dewasa: Rp.15.000/Orang saat weekday -  Rp. 20.000/Orang saat weekend
  • Anak: Rp. 10.000/Orang saat weekday -  Rp.15.000/Orang saat weekend
Kolam Pemandian Lembur Kuring Cipanas Garut
Lembur Kuring Cipanas - Garut

Related: 

Manfaat SEO on Page yang Wajib Blogger Pemula Tahu

Purbasari

Purbasari juga terletak di kawasan Cipanas yang berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota Garut. Tempat ini merupakan tempat yang nyaman untuk menikmati berenang dan berendam di air panas asli dari alam.

Sumber air panas di Purbasari dan daerah Cipanas berasal dari Gunung Guntur. Harga tiket masuknya adalah sebagai berikut:

  • Anak-anak: Rp. 8.000/orang
  • Dewasa: Rp. 15.000/orang
  • Kolam Terapi: Rp. Rp. 25.000/20 menit

Tirta Kencana

Untuk Tirta Kencana harga masuknya agak sedikit mahal dari pemandian air panas yang sudah disebutkan di atas. Harga masuknya adalah:

  • Dewasa: Rp. 20.000 saat weekday dan Rp 30.000 saat weekend/orang
  • Anak: Rp. 15.000 saat weekday dan Rp 25.000 weekend/orang

Catatan Penting

  • Harga di atas merupakan harga terbaru di tahun 2022
  • Harga bisa berubah sewaktu-waktu
  • Berenang atau tidak berenang tetap harus membayar tiket jika memasuki area kolam renang

Penutup

Nah, itu dia rekomendasi pemandian Cipanas Garut Murah. Rata-rata fasilitas yang ditawarkan hampir sama, yaitu dua kolam renang, kamar ganti, toilet, dan perosotan. Untuk mendapatkan fasilitas lebih lengkap tentunya kalian bisa memilih pemandian yang lebih mahal, sekitar Rp.30.000 sampai Rp.40.000 seperti Kampung Sumber Alam, Tirtagangga, Surya Alam, Sabda Alam, Danau Dariza, dan lain-lain.


Sumber:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Garut

https://text-id.123dok.com/document/6qmj2dl5q-pengertian-objek-pemandian-air-panas-pengertian-wisatawan.html

https://www.kagarut.com/2020/12/lembur-kuring.html

https://www.kagarut.com/2020/12/antralina.html

https://www.kagarut.com/2020/08/cipanas.html

https://www.blogafhuk.com/kolam-renang-purbasari-garut/



Related Posts

6 comments

  1. Udah lama nggak main ke Garut dan mampir ke kolam pemandian air panasnya. Makasih mba Mona infonya bisa ditandai nih buat Plan liburan hoho.

    ReplyDelete
  2. Menarik mb mona, terakhir k pemandian air panas ciater subang...next dijadwalkan ke garut ah...thanks ya

    ReplyDelete
  3. Asyik banget liburan ke pemandian air panas. Sayangnya jauh banget beda pulau 😭

    ReplyDelete

Post a Comment