monicarasmona.my.id

SehatQ: Era Baru dalam Bertransaksi Produk dan Layanan Medis Secara Online yang Aman dan Mudah

Assalamualaikum pembaca tulisan Mona, salam sehat untuk semua, ya. Saya selalu bersyukur menjadi generasi 90-an yang mengalami masa-masa puas bermain di era pra 2000-an. Bagi saya, masa-masa sebelum gadget merajalela itu merupakan masa yang ideal bagi tumbuh kembang anak dan remaja. Sekitar tahun 2010-an ke sini saya telah dewasa dan merasa diuntungkan dengan segala kemajuan teknologi.

Segala kemajuan yang bergerak cepat dan massive ini memberikan kemudahan bagi kita dalam menjalankan aktivitas keseharian. Untuk berbelanja, dulu kita harus menempuh perjalanan yang tidak selalu dekat. Selain lelah, kadang kita juga merasa lapar, sehingga harus menyediakan budget tambahan untuk mengisi perut. Selain itu kelelahan dan pengeluaran tambahan tidak menjamin barang yang kita incar tersedia. Berbeda dengan sekarang, kita tinggal membuka ponsel dan menyelesaikan semua transaksi di rumah saja.

Kita bisa memilih berbelanja di marketplace yang kita suka. Barang yang ditawarkan pun beragam. Bukan hanya pakaian dan sepatu, kita juga bisa membeli barang elekronik dan perhiasan. Yang membuat saya takjub kini kita juga bisa beli obat secara online. Obat sebenarnya dijual di banyak marketplace, tetapi saya sangsi. Bukan hanya kemudahan yang saya cari, tetapi keamanannya juga.

Pernah saya berniat beli obat yang tidak ada di apotek sekitar rumah, tetapi kemudian urung karena marketplace itu tok jualan tanpa menyediakan jasa konsultasi. Tidak berselang lama seseorang memperkenalkan SehatQ, di sana saat kita hendak membeli obat, ada apoteker yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Apoteker loh ya, jadi pastinya lebih kompeten.

Di SehatQ, kita bukan hanya bisa beli obat, tetapi juga bisa mendapatkan beragam kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi produk dan layanan kesehatan. Apa saja itu? Yuk kita cari tahu jawabannya.

Baca juga: Review IDN

Apa itu SehatQ?


Sebelum kita cari tahu berbagai fitur yang ditawarkan, kita bahas dulu apa itu SehatQ. SehatQ mengklaim sebagai Asisten Kesehatan Anda. Mereka hadir untuk membantu kita mengelola kesehatan kita dan keluarga. Perjalanan kesehatan dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. Kebutuhan masing-masing individu berbeda, bergantung kepada riwayat keluarga, lingkungan tempat beraktivitas, dan kondisi individu tersebut.

Tim SehatQ menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan.

SehatQ mengajak kita menggunakannya untuk membantu kita pada setiap tahap perjalanan kesehatan, dengan rekomendasi yang spesifik sesuai kebutuhan individu.

Fitur SehatQ

Kita bisa mengakses SehatQ di aplikasi maupun Web. Untuk aplikasi, kita tinggal mengunduhnya di playstore. Setelah itu membuat akun. Taraaa kalian sudah bisa menikmati kemudahan dan keamanan yang di tawarkan SehatQ. Sedang untuk web kita bisa langsung mengakses www.sehatQ.com di pencarian, mudah bukan?

Berikut adalah fitur yang ada di SehatQ:

1. Toko

Toko dibagi dalam dua kategori, produk dan layanan kesehatan. Untuk produk meliputi: Vitamin, Herbal, & Suplemen, Obat, Ibu & Bayi, Alat Kesehatan, Makanan & Minuman,  Kesehatan Gigi & Mulut,  Skincare, Perawatan Tubuh, dan  Kecantikan.

Untuk kategori layanan kesehatan meliputi: Treatment Kecantikan,  Medical Check Up, Ibu & Anak, serta Vaksin & Imunitas.

2. Obat

Di sini kita langsung diarahkan ke kotak mesin pencarian. Kita tinggal menulis obat yang diperlukan. SehatQ memberikan rekomendasi obat yang paling dicari.

3. Artikel

Terdapat banyak artikel yang ditulis orang-orang kompeten dengan tema Penyakit, Kesehatan Mental, Parenting, Sex & Relationship, Olahraga, Masalah Tidur, BPJS, Public Figure, Hidup Sehat, Kulit & Kecantikan, Kehamilan, Bayi & Menyusui, Kesehatan Wanita, Kesehatan Pria, Kesehatan Lansia, dan Ensiklopedia.

4. Tindakan Medis

Di sini juga SehatQ menawarkan artkel bermanfaat, tetapi dikhususkan pada kategori tindakan medis. 

5. Dokter

Total ada 36.473 dokter yang siap melayani. Untuk booking, pastikan dokter yang kita pilih dalam keadaan tersedia.

6. Rumah Sakit

Total ada 4.531 faskes yang siap melayani. Pastikan kita mengizinkan SehatQ mengakses alamat sehingga rumah sakit yang ditampilkan diurutkan dari posisi terdekat.

7. Penyakit

Di sini terdapat informasi penyakit yang diurutkan secara alfabetis. Kita tinggal menuliskan penyakit yang dimaksud di kotak pencarian. Nantinya kita akan diarahkan ke profil penyakit tersebut. Informasi yang ditawarkan sangat lengkap.

8. Chat Dokter

Fitur ini menyediakan layanan chat baik dengan dokter umum maupun spesialis. Kita tinggal klik "mulai chat" dengan dokter yang kita pilih. Harga jasa konsultasinya pun sudah tertera. Harganya mulai lima ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung kompetensi sang dokter. Sebelum chat, pastikan dokter tersebut dalam keadaan online, ya.

9. Promo

Kategori promo ini meliputi: Peduli Lindungi, Covid-19, Rapid Antigen, PCR Swab, Medical Check Up, Rapid Serologi, Rapid Antibodi, Home Service, Vaksin & Imunitas, Gigi & Mulut, Kecantikan, Ibu & Anak, Kanker, dan Lainnya.

10. Tes Kesehatan

Tes kesehatan ini meliputi: Kalkulator BMI, Survey Kelayakan Vaksin Covid-19, Cek Efek Samping Vaksin, Cek Risiko Diabetes, Cek Risiko Penyakit Jantung, dan Kalkulator Usia Kehamilan.

11. Review

Review ini berupa artikel yang berisi rekomendasi berbagai produk yang meliputi kategori: Lifestyle, Makan Sehat, Beauty & Skincare, Personality, Gym & Sport, Mom & Baby, News, dan Resep.

12. Layanan Pemeriksaan

Di sini kita bisa memilih rumah sakit terdekat yang telah bekerja sama dengan SehatQ. Jadwal dan biayanya pun sudah tertera. Kita harus mem-booking H-1 pemeriksaan.

13. Booking

Di sini kita bisa memilih hendak booking dokter atau layanan pemeriksaan. Nanti kita diberi pilihan yang sangat banyak. Kita tinggal memilih sesuai kebutuhan.

14. Forum

Forum ini merupakan tempat berdiskusi. Kita bisa bertanya hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, nanti dari pihak SehatQ akan menjawab.

Apa yang dilakukan SehatQ?

Mereka sebagai ahli medis mengulas setiap konten yang akan dipublikasikan di SehatQ untuk meyakinkan bahwa semua hal yang datang mereka merupakan konten kesehatan yang valid dan terbaik yang dapat kita temukan di Indonesia.

Tim Editorial SehatQ

Tim ini terdiri dari 64 orang yang kompeten di bidangnya seperti, editor, medical doctor, content writer, SEO specialist, dan author.

Tim Dokter SehatQ

Tim ini terdiri pun terdiri dari orang-orang kompeten, yaitu 15 orang contributing doctor, medical editor, medical manager, pharmacist, dan editor.

SehatQ Mendapatkan Sertifikasi PSEF

Hingga 15 Desember 2021, seperti tertulis di laman PSEF, terdapat lima penyelenggara PSEF yang telah mendapatkan sertifikasi dan terdaftar di Kementerian Kesehatan, termasuk SehatQ. 

“Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dari tim SehatQ sehingga kami bisa menjadi salah satu penyelenggara PSEF di Indonesia yang tersertifikasi. Hal ini membuktikan layanan SehatQ lebih tepercaya dan kami berharap menjadi pilihan utama masyarakat dalam menggunakan layanan telefarmasi,” kata Chief Commercial Officer SehatQ, Andrew Sulistya. 

Kontak SehatQ

PT. SehatQ Harsana Emedika

Jl. M.H. Thamrin No. 51, RT.9/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350.

Phone: +6221-27899827

Kesimpulan

Di tengah gempuran kemudahan yang ditawarkan teknologi dewasa ini, kita harus bijak dalam memilih dan memilah. Keamanan merupakan aspek yang tidak boleh disepelekan dalam bertransaksi online. Inilah yang disediakan SehatQ. SehatQ sendiri merupakan penyedia kesehatan digital yang berdiri pada November 2018. Di SehatQ, kamu bisa mengakses berbagai layanan kesehatan, mulai dari chat dokter, booking dokter dan layanan kesehatan, serta beli obat dan vitamin.

Perihal keamanan, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, SehatQ telah memiliki sertifikasi PSEF atau Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi dari Kementrian Kesehatan. 

Sertifikasi ini merupakan tanda bahwa SehatQ telah menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet sesuai dengan peraturan pemerintah. Informasi lebih lengkap mengenai sertifikasi PSEF yang diraih SehatQ bisa dibaca di artikel SehatQ Raih Penghargaan.

Selain menyediakan layanan kesehatan, SehatQ juga menyajikan beragam informasi seputar kesehatan. SehatQ bisa diakses melalui www.sehatq.com atau dengan mengunduh aplikasi di Google Playstore dan App store. Selamat mencoba.


Sumber: https://www.sehatq.com/

Related Posts

10 comments

  1. Zaman sekarang semua serba dimudahkan ya. Jika sakit kita bisa konsultasi dulu melalui aplikasi SehatQ, karena di aplikasi SehatQ memfasilitasi berbagai layanan kesehatan, mulai dari chat dokter, booking dokter dan layanan kesehatan, serta beli obat dan vitamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Kemajuan teknologi semakin memudahkan kita dalam berbagai hal.

      Delete
  2. SehatQ ternyata fiturnya banyak ya mba jadi gak perlu beli di marketplace, karena sudah ada layanan konsultasinya. Oiya cuman saran mba, link SehatQ sebaiknya tidak terlalu banyak, cukup 2-3 saja 🙏😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih sarannya, Mbak. Bisa dianggap spam, ya?

      Delete
    2. Iya mba, kualitas blog jadi menurun 🙏

      Delete
    3. Harus lihat-lihat artikel yang lainnya, nih. Sekali lagi terima kasih infonya, Mbaa Iid.

      Delete
  3. Alhamdulillah teknologi memudahkan segalanya, apalagi di saat pandemi kemarin layanan pembelian obat online sangat membantu. Kita bisa membelikan buat orang lain langsung ke alamat lain. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mak. Jadi bisa ngirim obat ke kerabat yang sakit kalau misalkan kita berhalangan untuk menengok.

      Delete
  4. Sepertinya mau unduh juga aplikasinya. Selama ini lebih sering unduh aplikasi untuk hiburan padahal aplikasi kesehatan juga penting untuk memudahkan supaya bisa konsultasi dokter dan beli obat secara online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Kak, yang lebih penting malah suka terlupakan.

      Delete

Post a Comment