monicarasmona.my.id

Daftar Harga Paket Pernikahan Murah di Garut, Hanya 20 Jutaan!

Daftar harga paket pernikahan murah di Garut

Pernikahan merupakan salah satu fase hidup paling penting. Saking pentingnya, banyak orang yang mempunyai wedding dream dan mati-matian untuk mewujudkannya. Saya pun menganggapnya istimewa, tetapi tidak terlalu ngoyo, semampunya saja. Dahulu, sebelum menikah, saya menyempatkan diri survey daftar harga pernikahan murah di Garut.

Sebagai momen yang kita harapkan terjadi satu kali seumur hidup, tidak mengherankan banyak calon mempelai yang mempersiapkan dengan detail acara pesta pernikahan mereka. Bahkan, tidak sedikit catin yang tumbang saat proses persiapan. Ingat, ya, Playmates, kesehatan itu hal yang utama, jadi pastikan kalian tidak kelelahan dan tetap fit di momen tersebut.

Sebaiknya kita memang punya waktu beberapa bulan untuk persiapan agar semua bisa direncanakan sebaik mungkin. Meskipun, pada kenyataannya ada saja hal yang kurang dan terlupa. Setidaknya waktu yang agak luang tidak membuat kita terlalu ketar-ketir.

Selain memperhatikan kesehatan, penting juga bagi kita untuk sangat aware pada berapa budget yang tersedia. Tentunya kita tidak menginginkan hidup terlilit utang bertahun-tahun hanya demi mewujudkan impian yang berlangsung tidak lebih dari satu hari.

Pastikan budget yang kita perhitungkan itu benar-benar dana yang telah ada di tangan. Jangan menggantungkan diri pada omongan seseorang karena kita tidak tahu pasti itu akan ditepati atau tidak.

Saya pernah melihat berita di media sosial tentang pihak perempuan yang mengadakan pesta pernikahan mewah. Pihak laki-laki menjanjikan dana ratusan juta, tetapi akan diberikan setelah pesta berakhir.

Sungguh malang tak dapat ditolak, ternyata janji tinggallah janji. Pihak perempuan kalang kabut karena biaya pernikahan tersebut merupakan hasil dari berutang. Semoga kisah mereka bisa membuat kita lebih bijak dalam mengadakan pesta, ya, Playmates.

Kelebihan Memilih Paket Pernikahan

Kelebihan memilih paket pernikahan

Tahun 2015 penggunaan jasa wedding organizer belum terlalu familier di daerah saya, hanya untuk kalangan tertentu. Saat itu, saya meng-handle segala urusan sendiri, mulai dari mencari MUA sampai menyiapkan souvenir pernikahan. 

Meskipun tanpa WO, tetapi saya tidak terlalu kerepotan karena saya memilih vendor secara paket. Awalnya saya survey ke seorang MUA dan dia menawarkan paket riasan plus musik, dokumentasi, dan dekorasi. Saya menyetujuinya dengan beberapa pertimbangan berikut.

Mengurai Beban Pikiran

Banyak hal yang harus calon pengantin pikirkan menjelang hari berbahagia mereka. Ditambah rasa tegang dan kekhawatiran berlebihan membuat pikiran tambah kacau. Dengan memilih paket pernikahan, bola kusut itu bisa diurai.

Dengan ter-handle-nya beberapa urusan oleh MUA tersebut, saya bisa fokus ke hal lain. Salah satunya kerjaan. Saya masih bekerja sampai beberapa hari menjelang hari H karena saya lebih memilih cuti lebih lama setelah hari H.

Menghemat Waktu 

Paket pernikahan tersebut sangat menghemat waktu dan tenaga. Hal tersebut membuat saya tidak perlu mencari lagi vendor musik, dokumentasi, dan dekorasi. Jika tidak mengambil paket, tidak ada jaminan bahwa saya tidak akan ke sana- kemari sampai menemukan yang sesuai.

Waktu  yang saya punya bisa dialihkan ke persiapan lain, seperti menyambut saudara yang datang ke rumah, merawat diri, dan relaksasi tubuh serta pikiran. 

Menghemat Tenaga

Selain waktu, tenaga pun bisa kita hemat. Mempelai dan Keluarga bisa santai selama acara berlangsung karena semua sudah ada yang mengurus. Sehingga, seluruh anggota keluarga bisa fokus ke momen spesial tersebut.

Berkat memilih paket pernikahan, tidak ada yang ketinggalan berfoto keluarga karena sibuk mondar-mandir mengecek panggung dan dekorasi. Memang tidak selancar kalau menyewa wedding organizer, tetapi paket ini membuat saya cukup terbantu.

Lebih Murah

Membeli apa pun secara paket biasanya menjadikan harga total menjadi lebih murah daripada membeli satuan. Begitu juga dengan paket pernikahan, ada dana yang bisa dihemat dibanding jika kita menyambangi satu demi satu vendor.

Saya hanya berurusan dengan satu vendor, yakni MUA. Urusan vendor mana yang meng-handle musik, dokumentasi, dan dekorasi, saya serahkan sepenuhnya kepada MUA tersebut. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan sesuai rencana.

Daftar Harga Paket Pernikahan Murah di Garut

Daftar paket pernikahan murah di Garut dari Iman Nafis Gallery

Murah itu relatif, bisa saja menurut saya murah, sedang menurut kalian tidak, begitu pun sebaliknya. Namun, dengan apa yang saya dapat waktu resepsi pernikahan dulu, harga 20 jutaan  itu sangat worth it.

Kala itu A Iman menawarkan beberapa daftar harga. Semua tergantung paket utama, gedung yang kita pilih, pilihan tambahan paket, keluarga yang dirias, dan banyak hal lainnya. Sebagai kaum mendang-mending tentu saya pilih yang paling murah.

Paket 22 Juta

Di media sosial, rata-rata vendor tidak memampangkan harga secara terang benderang. Biasanya mereka meminta kita menghubungi via DM jika kita menanyakan harga. Harga tersebut biasanya bisa digoyang, tergantung kemampuan kita dalam bernegosiasi.

Daftar harga paket pernikahan di Garut yang saya pilih meliputi riasan, hiburan, dokumentasi, dan dekorasi. Harga tepatnya di angka 22 juta. Itu tahun 2015, ya, Playmates, pastinya sekarang sudah terjadi penyesuaian.

Make Up Artist

Jauh sebelum mempunyai tanggal pernikahan, saya telah jatuh cinta pada riasan Iman by Iman Nafis. Saat itu, di Garut nama Iman Nafis mulai menanjak karena menjadi sponsor Eva d'Academy 1. 

Saya memilih tiga warna gaun untuk hari H, yaitu putih, mint, dan merah. Pertama, saya mengenakan kebaya modern berwarna putih untuk akad. Sebagai gadis Sunda tentu saya tidak melewatkan siger di kepala kala itu.

Riasan yang pertama itu bold, sedangkan yang kedua saat mengenakan gaun berwarna mint, riasannya lebih soft. Terakhir, saat menggunakan gaun merah, riasannya kembali bold. Merah menyala.

Dekorasi dan Hiburan

Untuk dua vendor ini, saya tidak ingat namanya karena hampir tidak ada koordinasi dengan mereka. Saya puas dengan hasil kerja bagian dekorasi meskipun tidak ada keluarga yang menunggui mereka bekerja malam sebelum hari H. Saat itu saya hanya mengirim kopi dan camilan ke gedung.

Yang membuat hati lebih berbunga-bunga adalah dekorasinya yang juga menggunakan bunga asli. Background-nya blink-blink seperti terbuat dari kaca yang disusun. Ah, sayang rasanya saat acara selesai dan dekorasinya harus dibongkar.

Saya meminta kepada A Iman untuk tidak mengadakan nyanyian-nyanyian yang bernuansa dangdut karena saya menginginkan acara berlangsung khidmat. Namun, pada kenyataannya begitu lewat jam 12 tiba-tiba panggung bergoyang.

Meski terheran-heran, tetapi tidak apa-apa lah, ya, seru juga. Lagian siang hari itu suasana memang lebih cair, tidak sekhusyuk pagi hari saat akad pernikahan berlangsung.

Dokumentasi

Kalau vendor dokumentasi, saya masih mengingat namanya, yakni Dessan Capture. Hal ini karena kami kerap berkoordinasi. Pertama kali bertemu saat pemotretan untuk prewedding. Paket pernikahan saya memang mencakup itu. 

Saya yang kaku dan sering mati gaya ini jadi terlihat agak bagus di kamera berkat arahahan gaya dari Kak Dessan. Saking puasnya bekerja sama dengan Dessan Capture, saya kembali menghubunginya untuk maternity shoot anak pertama.

Paket 30 Juta

Untuk paket ini, selain mendapatkan apa yang saya dapat. Pihak vendor juga menawarkan dekorasi yang lebih bagus. Harga dekor dipengaruhi juga besar kecilnya gedung. Gedung yang besar tentu tidak bisa diperlakukan sama dengan gedung kecil. Kebetulan saat itu, saya menggelar di gedung yang tidak terlalu besar.

Harga 30 juta ini juga mempunyai kelebihan dengan adanya upacara adat. Semakin banyak apa yang kita pinta tentu semakin besar dana yang harus dipersiapkan. 

Paket 18 Juta

Masih di tempat yang sama, tetapi kali ini kami mendapatkan harga yang lebih miring. Sekitar satu tahun setelah saya menikah, adik suami pun menikah. Karena puas dengan cara kerja para vendor, adik ipar mengambil paket pernikahan yang sama.

Mungkin karena ini kali kedua, jadi pihak sana menurunkan harga. Paket yang didapat sama, hanya beda sedikit di dekorasinya yang terlihat tidak semewah sebelumnya.

Sebenarnya saat itu tidak ada pricelist yang saklek, semua disesuaikan kebutuhan dan keinginan. Serta terbuka untuk tawar menawar.

Penutup "Daftar Harga Paket Pernikahan Murah di Garut"

Banyak orang yang mendambakan sebuah pesta pernikahan spesial yang bisa dikenang seumur hidup. Sebagai momen langka, tidak salah bila kita mengusahakan yang terbaik agar semua berlangsung mengesankan. Kuncinya, sesuai kemampuan saja.

Untuk momen tersebut, saya memilih paket pernikahan dengan berbagai pertimbangan. Daftar harga paket pernikahan murah di Garut dari Iman Nafis saat itu yang masuk di selera dan budget saya. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan sampai sekarang rasa puas itu tidak pudar.

Related Posts

Post a Comment