monicarasmona.my.id

Healing di Restoran Khas Sunda, Emang Bisa?

Healing di Restoran Khas Sunda

Semenjak pandemi saya jadi jarang makan di luar. Bahkan sampai kini, frekuensi ke luar rumah masih terbatas, entah karena kebiasaan atau keenakan. Namun, suasana berbeda di luar rumah selalu menawarkan sensasi berbeda yang selalu dirindukan, seperti hari itu saat healing di restoran khas Sunda.

Hari itu, tahun lalu sekitar bulan Juni. saya ngebet ingin pelesiran. Bukan tanpa alasan, saat itu merupakan momen langka karena saya, orang tua, dan adik-adik bisa berkumpul. Jadi, mumpung semua ada di Garut, kami ingin pergi ke suatu tempat yang spesial.

Awalnya, kami merencanakan pergi ke Candi Cangkuang di daerah Leles. Tempat itu telah mengalami renovasi dan tampak jauh berbeda dibanding terakhir saya ke sana lebih dari lima tahun yang lalu. Di instagram, banyak teman saya yang memperlihatkan keindahan tempat itu sekarang.

Akan tetapi, dengan pertimbangan sedang melonjaknya kasus covid di Garut serta weekend juga, jadi kami memutuskan untuk pergi ke rumah makan yang memiliki pemandangan yang indah.

Kami memilih rumah makan khas sunda bernama Lumbung Padi. Ibu saya yang merekomendasikan tempat itu karena sebelumnya beliau pernah pergi ke sama bersama rekan-rekan gurunya.

Related:

Pemandian Cipanas Garut Murah yang Sayang untuk Dilewatkan

Manfaat SEO on Page yang Wajib Blogger Pemula Tahu

Hujan Bulan Juni, Sebuah Karya dalam Lima Wahana

Sosok Pembaca Setia Ulasan Monica by Monica Rasmona

Nita, sang Penangkap dan Penebar Inspirasi lewat Tulisan

1. Wisata Kuliner Sekaligus Healing di Restoran Khas Sunda

Healing sekaligus Wisata Kuliner di Lumbung Padi

Belakangan ini banyak warganet yang mengucapkan kata healing dalam bahasa gaul. Penasaran dengan makna kata healing? Inilah penjelasannya.

Kata healing diambil dari bahasa Inggris yang artinya penyembuhan atau pengobatan diri. Hal ini berkaitan dengan penyembuhan psikologis jiwa, perasaan, batin, dan pikiran pada seseorang.

Biasanya kata healing ini digunakan ketika seseorang ingin menenangkan diri dari masalah yang ia hadapi. Maka dari itu, dalam bahasa gaul healing dapat diartikan sebagai penyembuhan dari luka hati atau ngebatin.

Hal yang bisa dilakukan ketika healing adalah mulai dari liburan, belanja, dan lain-lain untuk memuaskan diri sendiri agar merasa bahagia dan nyaman kembali.

Nah, dengan berkunjung ke Lumbung Padi ini, selain bisa menikmati masakan khas Sunda, kalian juga bisa sekaligus healing karena pemandangannya amboi indahnya.

2. Alasan Lumbung Padi Bisa Dijadikan sebagai Tempat Healing

Berikut adalah alasan kalian harus menjadikan Lumbung Padi sebagai tujuan kuliner dan wisata:

Related:

The Big Why on Blogging dan Manajemen Waktunya

Kim Tae Hyung from Zero to Hero

Lagu Romantis Peterpan, Favorit Kamukah?

Cara Merawat Skin Barrier, Nomor 5 Wajib Kamu Coba

Pengalaman Mempercantik Artikel Blog dengan Canva

2.1 Tempat strategis

Lumbung Padi Terletak di Tempat Strategis

Lumbung Padi terletak di Muara Sanding. Hanya memerlukan waktu 10-15 menit dengan berkendara dari pusat kota Garut. Mudah dijangkau, tetapi tidak terlalu ramai menjadikan tempat ini strategis sehingga layak dimasukkan ke wishlist tujuan wisata dan kuliner kalian.

2.2 Area parkir

Area Parkir yang Luas di Rumah Makan Lumbung Padi

Area parkir di sana luas dan lapang sehingga leluasa untuk menampung banyak mobil dan motor. Kalian bisa menikmati hidangan dan pemandangan dengan tenang tanpa harus memikirkan lahan parkir.

2.3 Menu dan Suasana Khas Sunda

Menu dan Suasana Khas Sunda di Lumbung Padi

Tempat ini menyediakan makanan khas Pajajaran, seperti nasi liwet, gurame bakar, ayam goreng, tumis kangkung, tumis genjer, dan tidak lupa lalapan dan sambal. Minumannya juga cukup bervariatif, dari jus hingga milkshake.

Suara gemericik air menambah kuat kesan suasana di tanah pasundan. Syahdu dan menenangkan. Pemandangan sawah dan gunung pun turut memanjakan mata.

Sayangnya, saat saya ke sana padinya baru ditanam, belum tinggi, sehingga panorama sawah yang tersaji belum terlalu memukau.

Audio yang diputar merupakan bunyi-bunyian tradisional layaknya suara yang sering terdengar di acara resepsi pernikahan dengan adat Sunda. Bikin nyaman secara audio dan visual, deh.

Kelebihan yang sangat menonjol dari tempat ini adalah melimpahnya air. Bagian depan dan belakang di kelilingi kolam. Bikin kepingin nyebur.

2.4 Harga Terjangkau

Kami bersepuluh, tujuh orang dewasa dan tiga bocah cilik. Kami memesan nasi liwet untuk empat orang, tiga nasi timbel, sepiring ayam serundeng, satu gurame bakar bumbu, tumis kangkung, tumis genjer, ikan asin, sambal terasi, sambal goang, dan lalapan.

Untuk dessert-nya, minuman cokelat, kopi, jus, dan es krim. Kalian tahu berapa harga yang harus dibayar untuk semua itu? Kami merogoh kocek sebesar Rp. 550.000, terjangkau bukan?

2.5 Area Permainan Anak

Area Permainan Anak di Lumbung Padi

Kami datang ke Lumbung Padi setelah Salat Asar dan pulang selepas Azan Isya berkumandang. Bukan waktu yang sebentar, tetapi kami harus bersusah payah merayu anak-anak untuk pulang. 

Mereka betah karena area permainan anak di sana terbilang lengkap. Permainan yang ada di sana adalah ayunan, perosotan, panjat dinding, becak kecil, dan flying fox mini.

2.6 Musala

Musala di Rumah Makan Lumbung Padi

Musala di sana terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Masing-masing ruangannya cukup luas dan bersih, serta berdampingan dengan tempat wudu dan toilet yang bersih juga.

2.7 Tempat Duduk

Tempat Duduk Bagian Satu di Lumbung Padi
Tempat Duduk Bagian Dua di Lumbung Padi

Area rumah makan ini luas dan pihak management-nya pinter menata tempat untuk duduk, ada yang pakai kursi dan juga lesehan. Tiap sudut dimaksimalkan agar berfungsi sebagai tempat duduk.

2.8 Spot Instagramable

Pemandangan yang indah bisa banget bikin foto-foto kalian tampak bagus kalau diunggah di Instagram. Berhubung saya emak-emak beranak dua jadi rempong deh, nggak bisa foto-foto terlalu banyak. Takut anak nyebur ke kolam.

Ini sih spot paling favorit para pengunjung, sampai antri yang mau foto-foto di sini.

2.9 Terapi Ikan

Buat kalian yang ingin relaksasi, bisa nih menyerahkan kaki kalian pada ikan-ikan di sana buat dimakanin sel kulit matinya. Relaks iya, bersihnya juga dapet.

Letaknya tepat di depan musala. Jadi kalau salatnya gantian, bisa nunggu sambil terapi di sini.

Terapi Ikan di Rumah Makan Lumbung Padi

Penutup

Setiap orang punya caranya sendiri untuk menyembuhkan luka batin. Suasana dan tempat baru sering dijadikan obat untuk luka semacam itu.

Garut sebagai kota yang terkenal sejuk dan memiliki pemandangan indah menawarkan berbagai tempat wisata yang bisa dijadikan tempat healing. Dari mulai pemandian air panas, gunung, hingga pantai.

Lumbung Padi, sebuah restoran di dekat pusat Kota Garut, yang tentunya bisa dijadikan tujuan wisata kuliner, juga mempunyai panorama yang memanjakan mata. 

Jadi, selain bisa menikmati hidangan yang menggugah selera, kita pun bisa healing di restoran khas Sunda Ini. Saya beri nilai 4,5/5. Sangat recommended.

Related:

Pengalaman Pertama Memasang Custom Domain Sendiri

Pengalaman Mendebarkan Memasang Template Pihak Ketiga

Situ Bagendit 1, Destinasi Wisata Andalan Kota Garut

Tips Memilih Taman Kanak-kanak Anti Bingung

Sumber:

https://cimahi.pikiran-rakyat.com/intermezo/pr-514451109/simak-arti-healing-dalam-bahasa-gaul-yang-viral-di-sosial-media?_gl=1%2A1yp1o2y%2A_ga%2AYlRpYmFLX19CVmZncmh6NU9ULUYxT0dDblFnZVZjNzFVbW1LU1o3Q29Vc2xxNDNwLTVSamFfblBxa3ZXd2xJZw..

Related Posts

6 comments

  1. Aku pengen nyoba terapi ikannya, itu kalo anak kecil boleh ikutan terapi ikan juga Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya boleh, Mbak, soalnya nggak ada larangannya ;) Kalau saya justru nggak coba, nggak kuat geli.

      Delete
  2. MasyaAllah lengkap yaaa. Cocok buat quality time bareng keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok, Mbak. Cuma anak-anak jadi susah diajak pulang ;)

      Delete
  3. Aku sll seneng mb kl nemuin resto yg lengkap ada fasilitas area bermain anaknya,hehe...thanks for sharing mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang utama anak betah dan nyaman, ya. Sama-sama, Mbak. 💜

      Delete

Post a Comment